Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Desember 2011

Why Must Photogenic?



Sebagian orang bermasalah sama muka mereka yang ga oke saat di shoot kamera. Tapi ega dengan gue. Gue punya masalah sama tampang gue yang ‘cling’ kalo di shoot kamera, bahkan lebih ‘cling’ dari muka asli gue. Awalnya sih jadi anugrah coz, di FB gue jadi banyak temen. Banyak cowok-cowok ngerumpul pengen pe-de-ka-te sama gue. Tapi begitu gue buka diri buat deket ama salah satu cowok itu, deket, deket, dan deket sampai akhirnya ketemuan, apa yang gue dapet? Pelecehan tidak berperikemanusiaan! Mungkin gue terlalu lebay ya ngomongnya, tapi intinya mereka langsung cari-cari cara buat ngejauh dari gue. Apa sih salah gue? Apa karena muka gue yang terlalu photogenic?
“Tumben ga ke warnet lagi Mel?” Tanya Natan kakakku.
“Ga!” jawabku ketus
“Kenapa, ga punya duwit ya? Atau lagi marahan sama Radit?” Radit penjaga warnet.
“Lagi males aja!” timpalku masih jutek.
“Ke warnet aja deh!” paksa Natan.
“Apaan sih!” Gue melotot ke arah Natan.
“Hehehe, gue mau nitip nge-print tugas gitu! Gue udah di tunggu Rachel nih! Lo print-nin tugas gue yah!”
“Bilang aja mau nyuruh! Huh!” Lihat kakak gue yang muka standar, di foto juga standar bisa awet banget sama Rachel. Ga kaya’ gue!
“Mau ga?”
“Uang tunjangan 50%!” aku mengajukan syarat. Dan ternyata Natan menyetujuinya. Dasar dah kebelet pacaran!
“Nih, print-nin!” aku menodongkan flashdisk ke arah Radit begitu samai warnet.
“Duh, yang baru dapet cowok kok malah di tekuk gitu sih mukanya?” goda Radit.
“Dapet cowok gimana? Masih jomblo nih gue! Cowok-cowok kabur lihat muka gue!” gue mengaku.
“Hah? Kok bisa?”
“Ya, apa lagi kalo bukan gara-gara muka asli gue!”
“Muka lo normal-normal aja kok! Apa lo mau gue foto-foto lagi, mumpung camdig (camera digital) gue dah kosong nih! Dan gue pindah ke komputer semua kemarin.” Tawar Radit yang malah buat gue semakin bad mood.
“Duh Radit lo ngerti ga sih? Gue itu punya masalah sama muka gue yang over photogenic! Muka ASLI gue sama muka gue di foto itu beda jauh! Makanya cowo-cowo ada kabur waktu liat muka asli gue!” gue mencak-mencak. Tanpa menunggu komentar Radit gue langsung ngeloyor ke komputer yang kosong. Ngidupin komputer, dan mulai browsing-browsing. Gue liat-liat gambar artis-artis Hollywood. Betapa sempurnanya wajah mereka. Begitu cantik, seksi. Nicole Kidman, Paris Hilton, Lindsay, ah… semua perfect. Andai gue kaya mereka!
Eh, hey! Gue sadar sesuatu! Mungkin memang gue kaya’ mereka! Eh, ega maksud gue mereka yang kaya’ gue! Mungkin mereka punya masalah sama kaya’ gue. Masalah photogenic! Yap! Belum tentu muka asli mereka sesempurna kaya’ yang di fotokan? Toh, gue juga tau mereka Cuma lewat TV, film, atau poster-poster ga pernah lihat aslinya. Hahaha! Oke! Gue seneng sekarang!  Paling ega ini bisa jadi sedikit penghibur sedih gue tadi.
“Udah Belum, Dit? Lho?” Setelah puas browsing-browsing gue kembali ke tempat Radit. Tapi dimana anak itu? Cuma ada kursi kosong sama computer ber-screenserver.
“Duh, Radit kemana sih? Udah di-print belum tugasnya Natan?” gue mulai mengutak-utik komputer Radit.
“Hah?” gue ternganga waktu menemukan foto-foto gue berbagai pose terpampang di disk D Radit. Gue pun tertawa-tawa sendiri. Aku klik salah satu foto agar terview. Tapi ternyata foto itu terbuka di aplikasi photo editor.
“Hemm?” aku pun jadi bertanya-tanya.
“Heh, ngapain lo?” Suara Radit mengagetkanku.
“Raaaadddiiiittt!!! Apa maksudnya ini?” aku  melotot ke arah Radit sambil menunjuk fotoku.
Radit pun memandangi aku dan fotoku bergantian. Kemudian nyengir kuda.
“Radddiittt???” aku memasang tampang garang.
“Ikut aku sebentar yuk!” Radit menarik tanganku.
“Mbak tolong jagain warnet sebentar! Aku mau keluar sama Melani!” teriak Radit sambil mengambil motornya.
Matahari sudah ancang-ancang buat tenggelam, gue sama Radit udah duduk-duduk di pinggir sawah. Untuk beberapa saat kita masih diem-dieman. Tapi akhirnya Radit yang memulai bersuara.
“Sebenernya emang gue suka edit foto-foto lo, Mel! Setiap lo minta foto ama gue, gue edit dulu baru gue kasih ke lo! Jadi foto-foto yang lo pasang di FB itu editan gue semua.” Radit mengaku.
“Hah? Kok bisa gitu sih?” aku masih tak percaya.
“Bisa dong! Sekolah gue kan multimedia kali, Mel! Edit-edit foto sih kecil!” Radit mengacak-acak rambut gue,”Apa-apaan sih?” protesku.
“Ah, padahal gue udah sempet berubah pikiran sama muka gue yang photogenic! Tapi ya udahlah! Gue pasrah aja sama keadaan muka gue.” Gue sedikit merunduk. Gue lirik Radit juga ikut-ikutan nunduk.
“Eh, tapi kenapa waktu gue foto pake HP temen gue, apa pake punya Natan muka gue tetep ‘cling’ ya? Temen-temen gue juga bilang gitu,” tanya gue. Radit tersenyum.
“Itu semua karena,” Radit mengetuk-ngetuk kepalaku. “ semua itu karena kamu sudah berfikir kalo kamu photogenic! Makanya semua foto kamu, kamu anggap bagus. Dan temen-temen kamu juga berfikiran sama kaya’ kamu, karena kamu yang membuat mereka percaya. Kepercayaan dirimu membuat orang lain percaya sama kamu.” Ucap Radit serius. Saking seriusnya udah ga pake lo-gue lagi, tapi udah ganti aku-kamu.
“Dan tau ga? Cowok-cowok yang ketemuan sama kamu itu?” aku mengangguk.
“Mungkin mereka  menghindari kamu bukan karena muka kamu! Tapi mungkin karena sikap kamu yang beda sama yang di FB. Di FB kamu rame, gokil, nyenengin tapi begitu ketemu langsung jadi pendiem lantaran kurang pe-de! Makanya mereka jadi ilfil dan ngejauhin kamu.” Terang Radit, yang entah kenapa membawa angin sejuk ke dalam lubuk hatiku.
“Oh, gitu ya?” aku menghela nafas.
“Yap! Harus lebih pe-de lagi ya Sa… maksudku Mel!”
Matahari tenggelam. Aku menyandarkan kepalaku ke bahu Radit. Memandangi keemasan yang perlahan menghilang.
“Wah! Tugas Natan!” gue tersadar. Dan kami berdua tertawa.
@@@
Radit Say : Maafin gue ya Mel! Gue udah bohong sama lo. Sebenernya muka lo emang photogenic kok! Gue cuma ga pengen lo sedih karena keminderan lo, karena muka lo yang ga secakep yang di foto.  Gue suka utak-atik foto lo karena gue suka lihat wajah lo. Ga sekedar wajah lo di foto kaya’ cowok-cowok yang lain. Gue juga suka lihat wajah lo yang asli. Gue suka senyum lo, gue suka cemberut lucu lo, gue suka segala ekspresi dari wajah lo. Itu semua karena… emang gue suka lo! Aku sayang kamu Melani…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar